Sebarkan Fakta Unik Tentang Magelang yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Magelang memang merupakan kota dengan berbagai keunikan yang menjadikan tiap orang merindukan kota yang satu ini. Berbagai macam kuliner ataupun tempat wisata ada di Magelang, tapi apakah kamu sudah mengetahui berbagai macam keunikan yang dimiliki Magelang? Yuk kita simak apa saja sih keunikan yang dimiliki kota tercinta ini.

1. Magelang dikelilingi oleh 5 Gunung Sekaligus

Indonesia adalah satu-satunya negara yang terletak di antara dua patahan lempengan bumi, maka tak heran jika di Indonesia banyak sekali gunung dan pegunungan. Berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus gunung berjajar dari ujung barat nusantara sampai ujung timur nusantara.

Tapi ada satu yang paling unik karena Magelang adalah satu satunya kota di dunia yang dikelilingi 5 gunung sekaligus yaitu gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo, dan Menoreh. Ini merupakan fenomena menarik yang ada di dunia. Maka tak mengherankan kalau Magelang merupakan kota yang relatif sejuk. Ini yang menginspirasi Akademi Milter Magelang memberi nama Panca Arga (Panca=lima, Arga=gunung) untuk salah satu kawasan perumahannya.

2. Kota Tertua Kedua di Indonesia

Tahukah kalian kalau Magelang itu merupakan Kota Tertua Kedua di Indonesia? Kota Magelang mempunyai sejarah yang panjang dan menarik. Kota Magelang diberikan status sebagai Kota Magelang Gemeente pada 1 April 1906 dan dipimpin oleh seorang Belanda yang menjabat sebagai Burgemeester. Burgemeester inilah yang sekarang disebut Walikota.

Sekarang sudah tahukan kalau Kota Magelang yang kamu banggakan merupakan Kota Tertua kedua di Indonesia.

3. Candi Terbesar dan Termegah Ada di Magelang

Kalau kita menyebut Candi Borobudur siapa sih yang tidak tahu tempat ini? Tapi tahu gak kalian seberapa banyak orang yang tahu kalau Candi Borobudur itu ada di Magelang? Masih banyak yang mengira Candi Borobudur itu terletak di Yogyakarta. Hufftt… Jadi Salah siapa ya? Saatnya bukan saling menyalahkan tapi saatnya kita sebarkan informasi ini agar semakin banyak orang tahu bahwa Candi Borobudur itu ada di Kota Kesayangan kalian.

4. Bangunan Merpati Terbesar di Dunia Ada di Magelang

Buat kalian nama Gereja Ayam / Bukit Rhema mungkin sudah tidak asing lagi karena tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Magelang setelah menjadi lokasi shooting Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2). Tapi, tahukah kamu bahwa Bukit Rhema atau Gereja Ayam merupakan Bangunan Berbentuk Merpati Terbesar di dunia? Bukit Rhema / Gereja Ayam telah diliput hampir semua media nasional bahkan media international seperti daily news pun pernah meliput tempat ini. Wow… Semakin bangga kan?

5. Masjid Berbentuk Kelenteng Ada di Magelang

Buat kalian yang melihat foto di atas mungkin awalnya mengira tempat tersebut adalah Kelenteng. Ternyata bangunan tersebut adalah Masjid Al Mahdi, masjid yang memiliki arsitektur khas China. Masjid yang berdominasi warna merah dengan arsitektur khas China di pinggir Jalan Delima Raya, Komplek Perumahan Armada Estate, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga :   Begini Kemeriahan Pelepasan Ribuan Lampion Di Candi Borobudur

Masjid Al Mahdi dibangun oleh seorang warga keturunan Tionghoa bernama Kwee Giok Yong (47). Pria yang tinggal persis di belakang masjid itu menjadi mualaf sejak usia 11 tahun. Namanya kemudian berganti menjadi Mahdi yang kini diabadikan menjadi nama masjid tersebut.

6. Bangunan Berbentuk Kamera DLSR Terbesar Ada di Magelang

Bangunan berbentuk Kamera DLSR ini berlokasi dekat Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang. Nama Bangunan ini adalah Rumah Kamera atau Camera House Selfie. Ide pembangunan Bangunan unik berbentuk Kamera DSLR raksasa ini adalah Pak Tonggol, beliau adalah seorang pelukis. Pak Tanggol merupakan seorang pelukis yang sudah banyak dikenal petinggi negara. Beberapa lukisannya bahkan dikoleksi petinggi negara luar negeri, seperti Raja Uni Emirat Arab.

Kala itu, Pak Tanggol masih tinggal di Bali. Menurutnya, ia harus susah payah dan rajin menabung untuk bisa membeli sebuah kamera.

“Setelah punya kamera saya sangat senang. Kamera itu kemudian disayang-sayang. Sambil menatap kamera, saya berpikir, kapan ya rumah saya bisa seperti kamera ini?” ungkap Pak Tanggol ketika menceritakan inspirasinya membangun Rumah Kamera.

7. Magelang Punya Gunung di Tengah Kota

Keunikan lain yang dimiliki Magelang adalah sebuah gunung yang berada persis di tengah kota Magelang. Gunung Tidar merupakan salah satu tempat wisata favorit di Magelang karena selain suasana Gunung Tidar yang masih alami sekali juga tempat ini merupakan wisata religi di magelang. Ada beberapa makam leluhur yang menjadi sejarah dan legenda Magelang di Gunung Tidar ini.

8. Pusat Pendidikan Akademi Militer

Magelang dikenal sebagai kota pencetak perwira-perwira tinggi di Indonesia karena di Magelang berdiri Akademi Militer yang diresmikan pembukaannya kembali pada 11 November 1957 oleh Presiden RI Soekarno.

Di Kota Magelang lah para taruna digembleng untuk bisa berdiri di bagian terdepan untuk membela negara Republik Indonesia. Akademi Militer Magelang sudah menjadi tujuan favorit para remaja lulusan SMA di seluruh tanah air.

Setelah membaca fakta-fakta unik tentang Magelang, masih banyak loh yang tidak tahu kalau Magelang itu unik. Makanya jangan lupa sebarkan informasi ini biar semakin banyak orang tahu kalau Candi Borobudur itu ada di Yogyakarta Magelang, Jawa Tengah.

Yowen