Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Bukit Rhema atau yang sering dikenal dengan Gereja Ayam merupakan tempat wisata religi yang tidak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Magelang. Bukit Rhema menjadi salah satu lokasi shooting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC2), pastinya buat kamu yang sudah pernah liat film AADC2 sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Di Bukit Rhema menjadi lokasi yang paling romantis antara Rangga & Cinta sambil menunggu sunrise.

Bukit Rhema dibangun mulai tahun 1992 yang saat ini sedang tahap penyelesaian pembangunan, Bukit Rhema menjadi tempat wisata unik di Magelang karena design arsitektur bangunannya yang berbentuk Merpati. Banyak orang mengira bangunan ini berbentuk ayam sehingga menyebutnya Gereja Ayam. Keunikan bangunan Bukit Rhema menjadi daya tarik traveler untuk berburu spot selfie yang terbaik.

Apa aja yang bisa kamu temui di Bukit Rhema?

1. Berburu Sunrise di Bukit Rhema

Bukit Rhema menjadi salah satu lokasi berburu sunrise favorit di Indonesia karena pemandangannya yang mengaggumkan dikelilingi beberapa pegunungan membuat matahari terbit di Bukit Rhema (Gereja Ayam) sangat indah. Tak heran wisatawan lokal maupun wisatawan asing senang melihat sunrise di tempat ini. Apalagi, berburu sunrise di sini memang hanya terbatas, baik secara tempat ataupun waktu. Kamu pun bisa berpose seperti Rangga dan Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 di sini.

2. Berburu Foto Selfie yang Instagrammable

Cukup banyak lokasi foto instagrammable yang bisa dijumpai di area Gereja Ayam Bukit Rhema ini. Beberapa lokasi yang kerap dipilih para pengunjung antara lain adalah di area paruh dan mahkota, di bagian luar bangunan, atau bisa pula memperoleh foto cantik dengan berpose di area tangga menuju ke bagian atas bangunan. Sekarang sudah di Buka Kedai Rakyat di Bukit Rhema, lokasi ini menjadi tempat favorit baru para traveler untuk sekedar selfie ataupun foto bersama dengan pemandangan yang indah.

3. Berdoa Pribadi di Ruang Doa Bukit Rhema

Awal mula Bukit Rhema dibangun memang untuk Rumah Doa bagi Segala Bangsa, maka dari itu kita bisa menemui ruang-ruang doa pribadi di Bukit Rhema (Gereja Ayam). Lokasi Ruang doa terletak di bagian bawah tanah, buat kamu yang ingin berdoa bisa menggunakan ruangan ini. Selain itu di bagian basement Gereja Ayam juga terdapat mushola. Ruangan basement Bukit Rhema memiliki nuansa klasik yang indah dengan pencahayaan sederhana tetapi memiliki artistik yang tinggi membuat tempat ini juga digunakan traveler untuk foto selfie yang instagrammable.

4. Menyantap Singkong Desa di Bukit Rhema

Jika kita berkunjung ke Bukit Rhema, kamu akan mendapatkan 1 porsi Singkong Desa (Latela Gombong Cassava), Singkong ini sangat lezat berbeda dengan rasa singkong biasa yang sering kita makan. Singkong rasa keju dengan dibubuhi sambal membuat rasa singkong ini istimewa dan wajib kamu coba. Terlebih kamu bisa makan singkong ini dengan suasana pemandangan pegunungan yang indah, kalau kurang kamu bisa beli lagi singkong desa ini di Kedai Rakyat Gereja Ayam.

Baca Juga :   Pesona Keindahan Sunrise di Bukit Barede Borobudur

5. Edukasi tentang Bahaya Narkoba & Rokok

Bukit Rhema memiliki wadah untuk rehabilitasi yang diberi nama Panti Rehabilitasi Betesda. Tak heran jika di salah satu lantai Bukit Rhema kita menemui satu lantai yang penuh dengan lukisan tentang bahaya Narkoba dan bahaya Merokok. Semoga traveler yang telah berkunjung ke tempat ini tidak hanya menjadikan lukisan ini sebagai background foto selfie saja tetapi yang terpenting adalah menyadari tentang bahaya Narkoba dan Rokok.

Tips Penting saat Berkunjung ke Gereja Ayam

Ada hal penting yang harus diperhatikan kala berkunjung ke tempat ini. Saat ini, Gereja Ayam memang telah berfungsi sebagai tempat wisata religi. Meski begitu, para pengunjung harus tetap menjaga kesopanan selama berada di dalam bangunan. Terutama, karena pada awal pembangunannya, Gereja Ayam direncanakan sebagai rumah doa untuk para pemeluk agama Kristen.

Tidak hanya itu, kamu juga harus menghindarkan diri dari tindakan vandalisme. Bangunan ini memang sudah terbengkalai sejak tahun 2000. Sempat dianggap sebagai gedung angker dan terdapat beberapa coretan yang dibuat oleh para pengunjung. Sangat disayangkan kalau hal ini terus berlanjut.

Harga Tiket Masuk Bukit Rhema Gereja Ayam

Untuk bisa masuk ke Gereja Ayam kamu harus membayar Tiket Masuk seharga Rp. 15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 30.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket masuk sudah termasuk free 1 Porsi Singkong Keju (Latela Gombong Cassava).

Lokasi Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Bukit Rhema berlokasi di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bukit ini lokasinya di sebelah barat Candi Borobudur, terpisah sejauh 2,5 km. Lokasi bukit ini juga berdekatan dengan Punthuk Setumbu yang juga menjadi tempat berburu sunrise cantik di Magelang.

Untuk menuju ke Bukit Rhema, tersedia area parkir yang ada di Punthuk Setumbu. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Gereja Ayam yang berjarak sekitar 200 meter.

YW

YW

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
YW

Komentar

komentar

Similar Posts