Apa itu Jenang Leri?

Pasti kalian asing dengan nama makanan yang satu ini yaitu Jenang Leri. Jenang Leri adalah makanan khas dari Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Jenang leri merupakan makanan yang terbuat dari jagung/air endapan dari jagung yang ditumbuk.Jenang leri sudah ada sejak jaman dulu karena orang jaman dulu mungkin generasi kakek nenek kita belum ada sumber makanan yang beraneka ragam seperti sekarang. orang jaman dulu makanan pokok nya bisa dibilang singkong, talas, jagung. dan jenang leri merupakan kreasi makanan jaman dahulu yang sampai sekarang masih dilestarikan dan masih dibuat. Dan makanan ini tersedia di @balkondes_kenalan Borobudur Magelang.

Mungkin di derah lain ada jenis makanan mirip seperti ini namun ini adalah jenang leri khas daerah Kenalan. Dilihat dari akun sosial media instagram @magelang banyak sekali jawaban yang beraneka ragam dari gambar tersebut. Ada yang bilang blendrang, bubur crobo, sego godog, bubur singkong, bubur Manado dll.

Cara membuat Jenang Leri

Proses pembuatan jenang leri dimulai dari menumbuk jagung pipil yang sudah kering. Jagung pipil ditumbuk. Setelah ditumbuk di pisahkan antara jagung dan katul (kulit biji jagung). Kemudian jagung yang sudah ditumbuk tadi dicuci, cara nyucinya seperti mencuci beras. Lalu air hasil cucian jagung tersebut jangan dibuang karena air itulah yang nantinya akan menjadi leri. Air tersebut didiamkan selama semalam supaya mengendap. Dan hari berikutnya air endapan itu diambil yang kental dan dimasak diberi bumbu bawang merah, bawang putih, garam, cabe, penyedap rasa dan juga bayam atau bisa juga daun kelor. Diaduk terus sampai matang. Dan kemudian tinggal menyajikan dan menikmatinya.

Veronika Desi
Follow ya

Veronika Desi

Saya adalah travel blogger yang rindu menjadi duta wisata. Traveling adalah hobi saya dan menurut saya traveling salah satu kebutuhan hidup yang berguna untuk membangun diri.
Veronika Desi
Follow ya

Komentar

komentar

Similar Posts