Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Magelang merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh banyak gunung, mulai dari gunung Merbabu, Sumbing, Merapi, Telomoyo hingga Andong. Ada dua alasan Gunung Andong menjadi destinasi wisata pendakian favorit di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pertama karena Gunung Andong yang ketinggiannya hanya 1726 mdpl dengan ketinggian yang terbilang pendek Gunung Andong sangat cocok buat pendaki pemula. Alasan kedua adalah karena Jalur Pendakian Gunung Andong yang terbilang mudah, tidak ada percabangan sehingga membuat pendaki tidak akan tersesat. Kalaupun tersesat pendaki dapat dengan mudah kembali ke jalur pendakian yang benar.

Walaupun termasuk gunung yang kecil tetapi Gunung Andong memiliki pemandangan yang indah. Dari puncak Gunung Andong kamu bisa melihat pemandangan gunung-gunung terkenal seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi Timur sedangkan di sisi barat kita dapat melihat Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Slamet. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan landscape kota Salatiga dan Solo dari puncaknya.

Gunung Andong memiliki empat puncak yaitu Puncak Makam, dimana terdapat sebuah makam diatasnya, Puncak Jiwa yang merupakan tempat camping ground, Puncak Alap-Alap dan yang terakhir adalah Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

Gunung Andong yang merupakan gunung ramah pendaki ini memiliki dua jalur pendakian, yaitu via Basecamp Sawit dan Dusun Pendem, dari kedua jalur pendakian tersebut, via Basecamp Sawit merupakan jalur paling populer dikalangan pendaki.

Baca Juga :   Wisata Top Selfie Pinusan dengan Nuansa Hutan Pinus

Saat mendaki kebutuhan akan air bukanlah masalah. Karena kamu bisa menemukan sumber air yang dialiri melalui pipa-pipa, dimana air tersebut memang diperuntukkan untuk para pendaki. Bahkan, kamu juga bisa menemukan beberapa warung di atas puncak. Dengan begitu, rasa lapar dan lelah selama mendaki akan terbayarkan dengan menikmati makanan di atas puncak.

Spot Sunrise dan Sunset Favorit

Kalau kamu mendaki ke Gunung Andong di saat weekend atau liburan, jangan heran kalau Gunung Andong dipenuhi pendaki karena Gunung Andong merupakan salah satu tempat favorit melihat sunrise dan sunset di Magelang.

Buat kamu yang ingin melihat sunrise dan sunset sekaligus kamu bisa naik di sore hari dan dapat menginap di Gunung Andong dan tak perlu khawatir kalau kamu tidak membawa tenda sekalipun karena di puncak Gunung Andong kamu akan menemui beberapa warung yang bisa gunakan untuk tempat menginap.

Lokasi Gunung Andong

Gunung Andong yang tidak memiliki aktivitas vulkanik ini berlokasi di Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

YW

YW

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
YW

Komentar

komentar

Similar Posts