Tahukah Kamu? Gereja Tertua Di Kota Magelang

Kota Magelang yang telah berusia 1.114 tahun pastinya menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Begitu banyak deretan bangunan tua bersejarah di Kota Magelang.

Salah satunya adalah GPIB Beth-El, Gereja Protestan ini berdiri tak jauh dari Alun-Alun Kota Magelang.

Gereja yang memiliki luas 2.591 meter persegi dengan ketinggian sekitar 15 meter memiliki ciri khas bangunan yang langsing dan menjulang tinggi berdampingan dengan bangunan Water Toren yang telah menjadi ikon Kota Magelang.

Di depan bangunan gereja ini terdapat papan reklame bertuliskan “1817 Magelang Heritage” yang menandakan tahun berdirinya gereja tertua di Magelang ini.

Di lantai 5 gereja ini merupakan tempat penyimpanan dan pembunyian lonceng. Dari lantai ini kita dapat melihat pemandangan Kota Magelang yang indah.

Awalnya gereja ini dikenal dengan sebutan “Gereja Ambon”, karena saat itu banyak jemaat yang berasal dari Ambon.

Gereja ini semula bertujuan untuk pelayanan rohani dari Komunitas Kristen Protestan Eropa sedangkan untuk kelompok pribumi didirikan Gereja Protestan di Kebonpolo pada tahun 1923 (selesai dibangun tahun 1927).

Bangunan bersejarah ini masih berfungsi dengan baik hingga saat ini. Bahkan, hampir tidak ada pemugaran terhadap bangunan ini, hanya beberapa kali pengecatan ulang.

Meski beberapa pihak masih meragukan tahun berdirinya gereja ini karena tidak ditemukan prasasti sebagai bukti tahun berdirinya. Gereja ini diyakini berdiri sebelum masa Perang Diponegoro yang berlangsung tahun 1825-1830.

Baca Juga :   Tahukah Kamu? Apa itu Makanan Geblek?

Sumber : Tribun News

Yowen

Tinggalkan Balasan