Slondok Matahari Magelang; Si Pedas Manis dari Kota Militer

Salah satu daerah di Jawa Tengah yang populer adalah Magelang. Magelang terletak di antara Jogja dan Semarang, hal tersebut menjadikan Magelang sebagai akses dan tempat mlipir paling berkesan. Selain itu, Magelang sudah lama menjadi tujuan wisata, kuliner, keluarga militer, dll. Tengoklah sekarang rupa Magelang, penuh dengan destinasi menakjubkan, maka tak salah kalau Saya menjuluki Kota sendiri dengan sebutan “Kota Romantis”. Di beberapa lokasi, suasana kota seperti pangkalan militer, hehehe maklum Magelang merupakan basis militer terbesar di Indonesia. Membanggakan! Hal lain yang tidak bisa dilepaskan dari Magelang yaitu wisata, Puncak Tidar dan Andong yang begitu populer, Ketep Pass dan sekitarnya yang semakin kekinian dan tentunya ikon Magelang, Borobudur, eitsss bukan Jogja ya!.

Berbicara mengenai Magelang, tak lengkap tanpa mengupas kulinernya. Kalau saya sebut, Magelang adalah surganya kuliner. Mulai dari makanan ringan hingga super berat yang tentunya ngangeni. Salah satu makanan tradisional Magelang (kalau yang ini saya bisa putuskan khas Magelang karena tidak ada di daerah lain) yaitu SLONDOK. Makanan inilah yang membuat saya kangen rumah terus. Slondok merupakan olahan singkong yang diolah bersama bumbu khas indonesia. Sekitar 2 tahun yang lalu, saya diberi tugas oleh Ibu untuk membeli kerupuk di daerah Tempuran (dekat rumah ternyata). Sesampai di rumah dengan membawa kerupuk tersebut, saya kemudian mencobanya, ya Tuhaaan, enak sekali, saya tidak menyangka di daerah saya ada olahan singkong yang rasanya luar biasa enaknya. Pertama kali mencobanya tidak kepikiran sama sekali kalau itu dari singkong, rasa singkongnya tersamar bumbu pedas manisnya. Rasanya jadi kekinian dan berbeda dengan kerupuk singkong pada umumnya.

Baca Juga :   Wedang Ronde Miroso Magelang, Segarnya Ronde & Nikmatnya Sate Pisang

Sejak mencoba Slondok pertama kali, saya rajin mencari tau bagaimana proses slondok tersebut dibuat, dan tidak lupa Slondok menjadi kudapan wajib di rumah, di kos, dan dimanapun. Produksi slondok sendiri tersebar di beberapa lokasi di Magelang tapi yang paling spesial dan menjadi langganan saya yaitu Slondok Matahari yang bertempat di Kecamatan Tempuran. Slondok original dipadukan dengan bumbu (Bawang, cabe, dll) menciptakan rasa yang unik, renyah, pedas, dan manis bikin nagih.

Artikel ini sedang diikutkan Lomba Menulis Artikel Kuliner Magelang 2017