Warung Bu Tini : Nikmatnya Ayam Kremes Pertama di Muntilan

4.75/5 (4)

Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Muntilan adalah kecamatan yang menjadi pusat perdagangan dan jasa di bagian Selatan Kabupaten Magelang. Selain terkenal dengan pasar dan terminalnya, muntilan juga terkenal dengan berbagai macam wisata, kesenian budaya dan kuliner. Tentunya sebagai tempat transit dan perbelanjaan yang cukup besar di Magelang, kecamatan muntilan menjajakan banyak kuliner yang hampir tersebar merata disetiap sudut daerahnya baik di pasar, dekat tempat ibadah/ mall maupun dipinggir jalan. Tapi dari sekian banyak kuliner ada salah satu yang membuat saya tertarik yakni “Ayam Goreng Kremes Muntilan” Bu Tini.

Berawal ketika pulang dari pasar muntilan bersama bapak dan ibu, saya masih ingat saat itu saya masih SD. Ketika melewati jalan pahlawan (jalan satu arah depan kantor kecamatan muntilan yang tembusannya sampai ke tape ketan) sebelum kali lamat, terkadang ada aroma yang nikmat saat melewati jalan itu. Kata Ibu saya dulu itu adalah aroma dari pengolahan abon daging sapi. Masih sempat bingung karena yang saya lihat adalah warung dengan plakat ayam goreng. Ini bau ayam goreng atau abon sapi ?

Januari 2017 saya bersama ketiga teman saya berwisata ke Top selfie Hutan Pinus Kragilan Magelang yang saat itu sedang booming. Setelah cukup bermain di sana kami pulang dan di tengah perjalanan rasa lapar mulai menghampiri lalu saya iseng coba memberanikan diri mengajak makan teman-teman ke warung ayam goreng di jalan pahlawan, muntilan tersebut. Ternyata warung tersebut adalah warung makan spesial ayam kampung goreng kremes dan bebek goreng kremes. Takut bila harganya mahal kami memesan 4 porsi ayam goreng dan 2 gelas teh dan 2 gelas jeruk saja, tak lama kurang lebih 10 menit hidangan tersebut datang.

Kesan pertama saya, kaget melihat ukuran ayam yang besar dan kremesnya yang banyak melekat pada daging ayamnya. Ketika saya makan kriuknya terasa sangat renyah dan gurih, ayam gorengnya sangat empuk berbeda dari ayam kremes pada umumnya, padahal ayam kampung. Rasanya pun tambah nikmat dicampur dengan lalapan dan sambel lombok ijo. Porsi nasinya juga banyak. Nah, sampailah pada saat pembayaran, sedikit takut bila mahal ternyata per porsi harganya hanya Rp. 22.000,- lengkap dengan nasi dan minuman. Harga yang murah untuk rasa yang wah.

Baca Juga :   Nikmatnya Sop Empal Legendaris Bu Haryoko Muntilan

Sore itu sebelum saya pulang sekitar pukul 17.00 ada seorang pembeli yang mampir ke warung ini, tapi sayangnya sudah habis. Dalam bantin, saya bersyukur datang lebih cepat dari orang tersebut hehe. Berarti warung bu tini sudah cukup famous di muntilan.

Semenjak dari hari itu saya beberapa kali mampir ke warung tersebut, malah jadi ketagihan hehe. Sempat berbincang dengan Ibu Tini pemilik warung orangnya ramah sekali. warung ini sudah berdiri sejak tahun 2000’an tepatnya 2004 (tahun itu kalau tidak salah saya masih kelas 2 SD) tak heran bila rasa ayam kremesnya berbeda dari ayam kremes kebanyakan. Saya bertanya juga tentang aroma yang nikmat ketika saya melewati jalan pahlawan tersebut, ternyata itu memang aroma abon dan ayam goreng dari hasil olahan rumah milik bu Tini. Jadi ibu tini juga menjual abon sapi. Terjawab sudah rasa penasaran saya dari dulu.

Warang makan spesial ayam goreng ini juga menyediakan bebek goreng lengkap dengan nasi, lalapan dan minum diberi harga Rp. 25.000,- sayang saya belum sempat mencoba karena selalu kehabisan bila kesana. Baik ayam dan bebek juga disediakan yang utuh (harga nya Rp. 80.000,- dan Rp. 95.000,-).

Walaupun sekarang banyak sekali bermunculan kuliner modern baik di Magelang maupun Muntilan tapi warung ini tetap eksis. Padahal seingat saya ayam kremes mulai booming pada tahun 2008 – 2010. Mungkin ini warung ayam kremes pertama di Muntilan bahkan bisa jadi di Magelang. Tidak terkejut bila dilihat dari track record warung ini berdiri.

Bilamana teman-teman ingin menikmati ayam kampung kremes yang enak, empuk dengan potongan daging yang besar dan kremes crispy gurih renyah berlimpah. Tak ada salahnya untuk mencobanya di warung ayam goreng kremes muntilan spesial ayam kampung Ibu Tini.

Jam Buka Warung Ayam Goreng Kremes Muntilan

Buka dari hari senin sampai minggu mulai pukul 11.00 – 17.00

Tapi bila sedang ada pesanan catering terkadang warung tutup

Lokasi Warung Ayam Goreng Kremes Muntilan

Jl. Tentara Pelajar No. 16 Muntilan, Magelang.

Artikel ini sedang diikutkan dalam Lomba Menulis Artikel Kuliner Magelang 2017