Traveling ke Magelang, Ini 6 Kuliner Khas Magelang Yang Wajib Dicoba

Banyak orang yang mengenal Magelang karena destinasi wisatanya. Padahal banyak destinasi Wisata Kuliner yang bisa kalian coba saat di Magelang. Tetapi kali ini kami hanya akan mengulas Kuliner Khas Magelang yang wajib dicoba? Penasaran kan? Simak ulasannya berikut :

Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu merupakan makanan khas Magelang yang tak hanya ada di Magelang, beberapa kota besar di Indonesia mulai bermunculan Rumah Makan Kupat Tahu Magelang. Begitu juga jika kamu traveling ke Magelang.

Potongan kupat dan tahu dipadu sayuran seperti kol, tauge, dan seledri, lalu diguyur kuah kacang hangat yang cair. Di Magelang sendiri Kupat Tahu memiliki dua jenis bumbu kacang, ada yang kacangnya halus, ada pula yang kacangnya digiling kasar.

Sego Godog

Sego Godok adalah makanan khas berbahan nasi yang direbus dalam bahasa Jawa “sego” yaitu nasi dan “Godok” yang berarti rebus. Seperti namanya, dimana sego godok adalah nasi yang sudah diberus dan diberi campuran bumbu, serta lauk seperti lainnya seperti mie, ayam dan telur dan bahan pelengkap lainnya yaitu potongan kol, tomat dan irisan daun bawang.

Nasi Lesah

Masih dengan menu masakan kuah, Nasi Lesah merupakan nasi dengan kuah santan yang gurih. Umumnya nasi lesah disajikan dengan nasi, taoge, tahu, mie, irisan daun bawang dan daging ayam yang disiram dengan kuah santan. Sekilas nasi lesah Magelang mirip dengan soto.

Sop Senerek

Kuliner khas Magelang ini memiliki perngaruh dari hidangan Belanda, kata senerek sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu “Snert Soup”. Yang dimana makanan khas ini telah dibawah oleh masyarakat Belanda dulu banyak bermukin di Magelang.

Sop Senerek memiliki berbagai berbagai macam isian diantaranya kacang merah, bayam, wortel dan daun bawang serta daging. Yang dimana kuahnya bening dan kaldu yang tipis tanpa lemak tapi tetap gurih dan kaldu yang tetap khas dengan bumbu rempah seperti pala dan lada dalam sop yang bisa menghangatkan badan. Sop ini dapat dinikmati dengan nasi seperti menikmati makan soto di Jawa, selain itu juga bisa dengan lauk pedamping seperti perkedel kentang, perkedel daging, tempe goring kering, rempeyek kacang dan bakwan udang.

Baca Juga :   Ingin Berwisata Yang Instagramable? Ke Magelang Aja!

Bubur Blendrang

Bubur tulang kambing atau ayam yang di padu dengan bumbu-bumbu seperti garam, jahe, kencur dan cabai. Menambah cita rasa pedas yang di sajikan hangat-hangat ketika hujan turun. Wah begitu nikmat.

Mangut Beong

Beong adalah sejenis ikan air tawar yang biasa hidup di sungai-sungai besar dengan aliran air yang cukup deras. Berbentuk hampir mirip seperti ikan lele, namun bukan lele. Mangut Beong adalah masakan khas Magelang berbahan dasar ikan Beong yang dimasak dengan kuah berbumbu pedas, bumbu pedas mangut beong berasal dari bahan yaitu lengkuas (laos), daun serai, jahe, kencur, kencur bawang merah dan cabe, karena ciri khas kuliner satu ini adalah pedas.

Yowen

Tinggalkan Balasan