Kalau ngomongin wisata di Magelang dan sekitarnya gak akan pernah ada habis- habisnya. Banyak sekali wisata – wisata yang ada mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata desa, wisata religi, wisata alam dan masih banyak lagi. Ada wisata yang termasuk baru dan belum banyak dikunjungi orang yaitu Punthuk Gajah Mungkur.

Waktu itu liburan lebaran aku bersama keluarga aku berkunjung ke rumah saudara yang di Dusun Kerug Batur. Setelah selesai aku memutuskan untuk naik ke Punthuk Gajah Mungkur karena penasaran. Aku berjalan menyusuri jalan yang sangat sulit dan berliku-liku serta menanjak. Dalam perjalanan hanyalah ada ladang dan pepohonan yang ada masih asri dan belum banyak dijamah orang. Sekitar 15 menit berjalan sampailah aku ke Puncak. Waktu itu sekitar pukul 16:00 matahari sudah berada di sebelah barat. Sehingga foto pemandangan yang aku dapat tidaklah bagus. Tapi aku masih bisa melihatnya langsung dengan lensa mata aku bahwa pemandangan itu indah bisa melihat gunung Merapi dan Merbabu. Bisa juga melihat Candi Borobudur yang terlihat sangat kecil.

Patung gajah di Punthuk Gajah Mungkur Kabupaten Magelang

Sangatlah unik dan anti mainstream ada gajah diatas bukit. Gajah ini berukuran sangat besar dan mempunyai gading yang berwarna emas serta badan yang berwarna putih. Disebut Gajah Mungkur karena Gajah ini posisinya membelakangi bentangan pemandangan yang indah. Ada juga gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat ataupun berfoto.

Wisata ini cocok untuk orang –orang yang suka dengan tracking. Perjalanan untuk mencapai puncak tidaklah mudah namun sangat terjal dan juga menanjak. Ketinggian puncak ini mencapai 650 Mdpl. Namun semua itu akan terobati ketika sudah sampai dipuncak, karena dipuncak kita akan disuguhkan dengan pemandangan  indah ciptaan Tuhan. Disini kita juga bisa menyaksikan indahnya sunrise dipagi hari.

Baca Juga :   Berpose di Rumah Kamera, Bangunan Unik Berbentuk Kamera

Wisata Punthuk Gajah Mungkur ini selain spot selfie dan adanya gajah raksasa juga mempunyai daya tarik lainnya yaitu terkenal sebagai kampung kopi. Pengunjung bisa menikmati secangkir kopi dan juga bisa melihat proses pembuatan kopi secara tradisional.

Lokasi Punthuk Gajah Mungkur

Puntuk Gajah Mungkur terletak di Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jika dari arah Borobudur – Yogyakarta nanti di pertigaan Pasar Jagalan ambil arah yang Jalur ke Puncak Suroloyo, terus mengikuti jalan aspal sampai ada plang Wisata Puntuk Gajah Mungkur di sebelah kanan jalan. Dan dari situ turun mengikuti jalan beton sampai di parkiran.

Fasilitas di Punthuk Gajah Mungkur

Fasilitas yang ada di wisata Puntuk Gajah Mungkur ini salah satunya ialah toilet dan juga gazebo. Dan untuk saaat ini belum ada HTM untuk masuk wisata ini, jadi masih free.

Waktu pun semaikin sore, setelah puas berfoto dan juga menikmati indahnya pemandangan aku pun memutuskan untuk turun dan bergegas untuk pulang.

Veronika Desi
Follow ya

Veronika Desi

Saya adalah travel blogger yang rindu menjadi duta wisata. Traveling adalah hobi saya dan menurut saya traveling salah satu kebutuhan hidup yang berguna untuk membangun diri.
Veronika Desi
Follow ya

Komentar

komentar

Similar Posts