Peringatan Waisak 2017 di Borobudur akan Diamankan 1500 Polisi

Rangkaian kegiatan perayaan hari Tri Suci Waisak 2561 BE/2017 mendapat pengamanan sedikitnya 1.500 personel kepolisian. Mereka ditempatkan di setiap titik lokasi pelaksanaan kegiatan, terutama kawasan Candi Borobudur.

Kapolres Magelang, AKBP Hindarsono, menyebutkan jumlah tersebut terdiri dari Polda Jateng, Polres sekitar serta Brimob. Selain itu, ada tambahan personil pengamanan dari Kodim 0705/Magelang, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Pemkab Magelang.

“Meskipun pada Waisak tahun ini tidak ada tamu VVIP, namun pengamanan tetap kita optimalkan. Karena tempat perayaan Waisak ini merupakan tempat strategis dan mengundang massa,” jelas Hindarsono, Selasa (9/5/2017).

Pengamanan dilakukan mulai 6 hingga 11 Mei 2017 di seluruh titik lokasi pelaksanaan rangkaian kegiatan perayaan Waisak. Pengamanan itu akan dilakukan dengan sistem ring agar pelaksanaan peribadatan berjalan lancar, aman dan tanpa kendala.

“Khusus ring 1 benar-benar steril, kemudian ada ring 2 dan 3 sesuai tingkatan. Seperti perayaan Waisak sebelumnya, pengamanan kali ini ada tim khusus. Tim sterilisasi dari Brimob, ada juga tim Quick Respon Team (QRT) dari Polres Magelang yang melakukan back up,” urainya.

Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Didi Dewantoro, menambahkan Polres Magelang akan melakukan rekayasa pengalihan jalur lalu lintas selama dua hari pada 10 dan 11 Mei.

Pertigaan Palbapang akan ditutup untuk bus pariwisata dari arah Yogyakarta yang akan dilewatkan satu arah melewati pertigaan Blondo, Mungkid. Sedangkan kendaraan pribadi roda empat akan dialihkan ke simpang tiga Dusun Cabean, Desa Mendut, Mungkid.

Baca Juga :   Swimming with Floaties, trend baru millennials di Grand Artos Hotel

Untuk kendaraan dari arah Purworejo, akan dilewatkan simpang tiga Dusun Kujon, Desa Borobudur menuju pintu 8. Simpang tiga Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur dan simpang tiga pertigaan Terminal Borobudur nantinya akan ditutup.

“Kita arahkan satu titik melalui pintu 8 semua untuk masuk ke Candi Borobudur karena prosesi puncak perayaan Waisak nanti jalan kaki. Kami menghimbau kepada para penyedia jasa wisata yang akan menuju ke Candi Borobudur pada tanggal 10 dan 11 Mei 2017 agar lewat simpang tiga Blondo,” papar Didi.

Sumber : Detik.Com

Yowen

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
Yowen