BeritaKilas Magelang

Pasar Rejowinangun Masuk Nominasi Pasar Tradisional Terbaik

Pasar Rejowinangun atau yang sering disebut Pasar Gedhe Magelang masuk lima besar Pasar Tradisional Terbaik di Indonesia. Pasar Tradisional Rejowinangun pernah terbakar ludes pada tahun 2008, saat itu kebaran terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dan setidaknya 2000 kios di pasar tersebut terbakar.

Setelah menunggu tiga tahun sejak kebakaran besar yang menghanguskan Pasar Rejowinangun, pada tahun 2011 dilakukan peletakan batu pertama sebagai tanda pembangunan kembali pasar tradisional terbesar di Magelang ini. Lokasi Pembangunan Pasar Rejowinangun berada di area eks pasar tradisional tersebut.

Pembangunan Pasar Tradisional Rejowinangun memanfaatkan lahan seluas 24.314 meter persegi. Dibangun dua lantai dengan kios/los sebanyak 2.022 buah, berikut sejumlah fasilitas umum serta fasilitas sosial, seperti mushala, poliklinik hingga tempat penitipan anak.

Perkembangan Pasar Rejowinangun Magelang

Perubahan besar pada Pasar Gedhe sebutan untuk Pasar Rejowinangun beberapa tahun terakhir membuahkan hasil, pasar tradisional ini kini disejajarkan dengan pasar-pasar tradisional terbaik di Indonesia. Tidak sekedar menjadi pasar tradisional terbesar dan pasar tradisional terbaik di Jawa Tengah, Pasar Rejowinangun juga masuk lima besar Pasar Tradisional terbaik di Indonesia. Pasar Tradisional Rejowinangun Magelang bakal bersaing dengan pasar lainnya guna mendapatkan predikat sebagai Pasar Tradisional Terbaik Indonesia.

Suasana di Pasar Tradisional Rejowinangun Magelang

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, penilaian telah dilakukan pada bulan Agustus lalu ke Pasar Rejowinangun. Saat melakukan penilaian, mereka memberikan pujian tentang konsep dan fasilitas pasar tradisional terbesar di wilayah Kedu ini. Penghargaan untuk Pasar Tradisional Terbaik yang ada di Indonesia ini diadakan oleh Yayasan Danamo Peduli bekerja sama dengan majalah SWA dengan nama Anugerah Pancawara.

Baca Juga :   Blendrang, Bubur Tulang dari Muntilan

Tujuan penganugerahan Pasar Tradisional terbaik ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh tanggapan dari perkembangan pasar rakyat se-Indonesia. Semoga pasar tradisional kebanggaan warga magelang ini bisa lolos dan menjadi pemenang dan memegang predikat sebagai Pasar Tradisional Terbaik di Indonesia. Sehingga Pasar Gedhe / Pasa Rejowinangun bisa mengangkat citra Magelang di kancah nasional. Fasilitas dan Prasarana yang sudah ada di Pasar tradisional ini terus dirawat dan terus dikembangkan.

Yowen