Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Surganya wisata merupakan salah satu julukan untuk kota yang sudah tak asing didengar yaitu Jogjakarta. Jogjakarta menyimpan sejuta keindahan mulai dari wisata budaya sampai ke wisata alam dan pantainya. Ada salah satu pantai unik dan berbeda dengan pantai pantai lain pada umumnya sebut saja Pantai Kesirat. Pantai Kesirat ialah pantai yang mempesona dengan ciri khasnya yaitu pantai yang tidak mempunyai pesisir pantai tapi hanya mempunyai ciri khas tebing karang yang berbatasan langsung dengan laut dalam. Tak bisa menyentuh air namun hanya bisa mendengarkan suara- suara deruan ombak yang menabrak sisi karang dan melihat indahnya pesona pantai dari atas tebing.

Disini kita juga bisa mendirikan tenda dan bermalam sambil menunggu pagi untuk menyambut terbitnya sang mentari. Uniknya lagi selain sunrise disini kita juga bisa menikmati senja yang istimewa. Di bibir pantai ini terdapat sebuah pohon besar yang unik berdiri sendiri dan menjadi salah satu spot terbaik dipantai ini.

Pantai kesirat memiliki pesona tersendiri tidak seperti pantai-pantai pada umumnya di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Kesirat memiliki karakter yang sangat unik dengan pantai berbentuk tebing dan karang. Tidak heran Pantai Kesirat menjadi tempat favorit wisatawan yang hobby fotografi.

Cerita Mistis Pantai Kesirat Yogyakarta

Pantai di Selatan Pulau Jawa memang mempunyai cerita mistis dan mitos yang sangat kental. Pantai Kesirat menjadi salah satu pantai yang disakralkan oleh masyarakat sekitar. Setiap setahun sekali masyarakat sekitar mengadakan tradisi yang diberi nama ngalap berkah atau brubuh brubuh. Tujuan dari tradisi ini ialah untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, salah satunya dengan tidak menebang pohon sembarangan. Masyarakat sekitar baru menebang pohon saat sudah mau musim panen padi. Selain itu tradisi brubuh-brubuh juga salah satu cara untuk pengucapan syukur pada yang maha kuasa.

Baca Juga :   Berkeliling Dunia di The World Landmarks Merapi Park

Lokasi dan Akses Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul

Akses yang dilalui untuk menuju Pantai jalannya sangat sulit dan berkelok- kelok dan sangat menantang. Dari pusat kota Jogjakarta menuju pantai ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Kesirat Yogyakarta, kalian tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan kalian ke Pantai Kesirat Jogjakarta.

Veronika Desi
Follow ya

Veronika Desi

Saya adalah travel blogger yang rindu menjadi duta wisata. Traveling adalah hobi saya dan menurut saya traveling salah satu kebutuhan hidup yang berguna untuk membangun diri.
Veronika Desi
Follow ya

Komentar

komentar

Similar Posts