Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Setiap orang pasti mempunyai keinginan dan bucketlist. Dan kali ini aku sudah bisa mencontreng salah satu list yaitu menikmati indahnya sunrise di Candi Borobudur, Magelang. Tepatnya tanggal 4 Agustus 2018 pagi aku bisa menyambut sunrise di Candi Borobubur.

Perjalanan aku mulai dari Jakarta tanggal 3 Agustus 2018 siang. Aku berangkat ke Jogja naik kereta api turun Stasiun Yogyakarta. Kemudian lanjut pagi harinya jam 3 aku berangkat ke Manohara Resto Borobudur bersama teman aku. Perjalanan dari Jogja menuju Manohara Resto sekitar 1 jam. Jam 4 kami sudah sampai di Manohara Resto.

Tips Masuk Candi Borobudur Untuk Menikmati Sunrise

Sekarang untuk bisa menikmati sunrise hanya bisa masuk lewat Manohara Resto Borobudur. Untuk ke Manohara Resto kita masuk melalui pintu 8 (yang dekat dengan kecamatan Borobudur). Jam 4 pagi sudah banyak sekali wisatawan asing maupun domestik yang datang untuk membeli tiket masuk ke Candi Borobudur demi mendapatkan sunrise. Harga tiket masuknya Rp. 325.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 450.000 untuk wisatawan asing. Dari harga itu kita bisa masuk dan naik ke Candi Borobudur untuk menikmati sunrise yang sangat menakjubkan, mendapat snack serta souvenir berupa scraft.

Sebelum aku masuk ke Manohara Resto tas dan barang bawaan aku dicek oleh petugas. Waktu itu karena aku backpackeran dari Jakarta jadi bawa aku carrier besar. Dan tidak sempat mampir ke hotel atau penginapan untuk menyimpan barang. Untung nya di Manohara Resto ini terdapat tempat penitipan barang bawaan  yang tidak mungkin untuk dibawa naik ke atas Candi Borobudur dan pastinya dijamin aman karena kita sendiri yang bawa kuncinya. Jadi naik ke Candi hanya membawa barang yang perlu atau penting saja.

Setelah aku mendapat tiket kemudian keluar dan diberi fasilitas senter, sticker dan brosure. Kemudian bersama- sama menuju ke gerbang masuk ke Area Candi Borobudur dan di gerbang itu dilakukan pengecekan tas atau barang bawaan lagi. Aku pun lolos pengecekan dan lanjut perjalanan naik ke Candi Borobudur. Suasana masih gelap dan juga sangat dingin sekitar jam 5:30 pagi sudah berada diatas Candi Borobudur. Aku dan juga banyak sekali para wisatawan asing yang ada disitu mencari spot yang pas dan menunggu datang nya sang mentari pagi. Dengan sabar kami semua menunggu dan mataharipun belum menampakkan sinarnya sempat aku hampir kecewa karena datang dan sang awan hitam menutupinya. Akupun tetap sabar menunggu dan akhirnya tepat jam 6 lebih mentari pun langsung menampakkan sinarnya dari balik Gunung Merapi. Warnanya yang jingga mempesona membuat aku terpana melihatnya. Tak lupa aku untuk mengabadikannya dan juga berfoto- foto pastinya.

Baca Juga :   Sebarkan Fakta Unik Tentang Magelang yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Setelah moment sunrise selesai dan lelah berfoto- foto aku pun kembali turun dan menuju ke Manohara Resto. Di depan pintu masuk aku mengembalikan senter dan kemudian oleh petuganya diberi souvenir berupa scraft dan kemudian dipersilahkan menuju ke lantai atas untuk menikmati hidangan snack dan kopi atau teh.

Setelah selesai menikmati snack dan kopi dan sudah sedikit hilang capek akupun pergi mengambil barang titipan aku. Kemudian melanjutkan perjalananku.

Veronika Desi
Follow ya

Veronika Desi

Saya adalah travel blogger yang rindu menjadi duta wisata. Traveling adalah hobi saya dan menurut saya traveling salah satu kebutuhan hidup yang berguna untuk membangun diri.
Veronika Desi
Follow ya

Komentar

komentar

Similar Posts