Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Satu lagi Lokasi Wisata Alam yang menarik untuk dikunjungi di Magelang, Magelang memang cocok buat kalian yang suka traveling dengan suasana alam yang sejuk. Wisata Alam Hutan Mangli Magelang berada di kawasan lereng pegunungan Andong, jadi kalau kamu berniat mengunjungi Gunung Andong jangan lupa untuk singgah di Kawasan Wisata Alam Hutan Magli ini.

Hutan Mangli secara administrasi pengelolaan hutan berada di bawah tanggung jawab RPH Pager Gunung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ambarawa yang merupakan salah satu BKPH di wilayah KPH Kedu Utara. Meskipun aslinya termasuk hutan alam hujan tropis, akan tetapi vegetasi pepohonan utama yang ada di hutan Mangli adalah tanaman pinus. Konon sebagaimana gunung yang lain, termasuk Merapi, dulunya pemerintah Kolonialah yang membawa dan menanam benih pohon pinus hingga tumbuh meluas hingga sekarang.

Sesampainya di lokasi wisata Hutan Mangli Magelang, kalian akan disambut dengan sebuah pintu gerbang gapura Yang bertuliskan hutan wisata mangli dan tepat di kiri area masuk kawasan hutan mangli terdapat sebuah dusun yang dinamakan dengan dusun mangli dengan warga yang ramah yang akan menyambut kedatangan para wisatawan yang menuju kesini. Tempat Wisata Hutan Mangli masih tergolong sepi pengunjung, suasana sepi ini menjadikan petualangan di hutan wisata ini semakin menggoda.

Memasuki kawasan hutan mangli kalian akan menemukan rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi dan terdapat aliran sungai yang tepat mengalir di pintu masuk gapura tersebut. Melihat hijaunya ratusan pohon pinus dan gemercik aliran sungai yang mengalir membuat pikiran dan hati kita terasa adem dan nyaman apalagi dengan suasana sejuk udara pegunungan ini menambah petualangan wisata menjadi tentram dan damai dari kebisingan kota.

Beberapa spot yang menjadi perhatian adalah sebuah jembatan bambu yang terdapat sebuah curug atau air terjun kecil selain itu sebuah tempat yang sering digunakan untuk berkemah namun pada saat itu kami tidak melihat wisatawan yang sedang berkemah dan bermalam disini, lokasi tempat perkemahan ini bisa dibilang sangatlah luas dan terhampar di pelataran lembah yang di kelilingi dengan pohon – pohon pinus yang tegak dan menjulang tinggi. Di Hutan Pinus Mangli Magelang juga terdapat situs makam yang merupakan tempat persemayamannya kyai jaka pekik. Tempat ini sering dikunjungi oleh beberapa orang yang sekedar untuk mendoakan dan adapula yang meminta hajat agar semua tujuannya bisa terkabulkan.

Baca Juga :   Objek Wisata Gunung Tidar, Wisata Pegunungan di Tengah Kota Magelang

Fasilitas Hutan Mangli

Selain menikmati keindahan alam nuansa hutan pinus juga terdapat beberapa Fasilitas di Kawasan Wisata Hutan Mangli yang siap digunakan traveler :

  1. Camping Ground / Lahan Perkemahan
  2. Wahana Permainan
  3. Spot Selfie yang keren
  4. Toilet

Tiket Masuk Hutan Mangli Magelang

Untuk bisa memasuki kawasan wisata alam hutan mangli masih tergolong sangat murah, kalian membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000/orang. Dengan membayar tiket masuk tersebut kalian sudah bisa menikmati keindahan dan kesejukan hutan pinus sepuasnya.

Lokasi Hutan Pinus Mangli Magelang

Hutan wisata mangli berada di daerah Grabag, Kecamatan Ngablak Girirejo Kabupaten magelang. Hutan Mangli tidak terlalu jauh dari akses utama jalan Jogja-Semarang. Sedikit ke arah utara dari Secang akan kita jumpai pertigaan Krincing. Ada plang besar penunjuk arah menuju Grabag. Silakan ambil kanan terus lurus hingga sampai di sekitar Pasar Grabag. Tepat perempatan di depan pasar, ambil arah lurus ke arah timur melewati wilayah desa Ngasinan. Memasuki wilayah Kecamatan Ngablak, akan kita jumpai sebuah plang arah kiri menuju Mangli. Ikuti jalan aspal yang semakin menanjak dengan kemiringan di atas 30 derajat.

YW

YW

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
YW

Komentar

komentar

Similar Posts