Eksotisme sunrise di pagi hari bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat menarik untuk dinanti. Tak heran bagi pecinta sunrise, mereka rela berburu datangnya matahari terbit sampai ke beberapa lokasi yang memang menjadi favorite para sunrise hunter. Warna keemasan dari sang mentari memiliki pesona tersendiri dan juga memberikan aura positif bagi penikmatnya.

Magelang terdapat beberapa lokasi melihat sunrise yang telah lama menjadi favorit traveler lokal maupun traveler asing. Berikut lokasi melihat sunrise terbaik di Magelang yang patut anda nikmati.

1. Golden Sunrise Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu telah dikenal oleh banyak orang sebagai lokasi melihat sunrise terbaik di Magelang, Tak jarang para photografer rela menunggu sunrise berjam-jam untuk mendapatkan moment terbaik mengabadikan matahari bangun dari tidurnya. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dari balik dari Gunung Merapi dan Merbabu selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan megahnya Candi Borobudur di pagi hari.

Punthuk Setumbu terletak di sebuah bukit di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur atau berjarak sekitar 5 KM dari Candi Borobudur. Untuk menikmati keindahan pesona sunrise di Punthuk Setumbu memang diperlukan perjuangan karena bukit ini memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl. Selain itu kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 15.000/orang untuk retribusi tiket masuk Punthuk Setumbu.

2. Sunrise di Gereja Ayam Bukit Rhema

Lokasi ini menjadi hits setelah menjadi salah satu lokasi flm lokal yang fenomenal yaitu Ada Apa Dengan Cinta 2. Rangga dan Cinta menikmati sunrise dari atas mahkota Gereja Ayam. Bagi kamu yang sudah nonton film ini pasti terheran – heran akan keindahan pemandangan dari tempat ini, di mana ada sebuah bangunan yang berbentuk ayam raksasa di atas bukit.

Bukit Rhema atau dikenal dengan sebutan Gereja Ayam memiliki bentuk arsitektur yang unik dan menjadi salah satu bangunan terunik di dunia. Sebetulnya bangunan ini berbentuk Merpati dan bukan Gereja, bangunan Bukit Rhema terdiri dari beberapa bagian yaitu tingkat dasar (badan ayam), tingkat kedua (leher ayam), tingkat ketiga (paruh ayam), dan tingkat keempat (paling atas) yaitu mahkota ayam.

Ada 2 lokasi favorit melihat sunrise di Bukit Rhema (Gereja Ayam) yaitu lokasi Mahkota gedung dan lokasi Kedai Rakyat. Di mahkota memiliki kapasitas yang sangat terbatas, hanya sekitar 15 orang yang bisa berada di mahkota tersebut. Tak jarang para sunrise hunter harus booking terlebih dahulu jika ingin menikmati sunrise dari mahkota merpati. Tapi buat kamu yang tidak kebagian di area mahkota, jangan sedih dulu masih ada area Kedai Rakyat yang tak kalah indahnya dan memiliki kapasitas yang lebih banyak.

Baca Juga :   Warung Kelontong di Magelang Digerebek Karena Jual Obat Keras

Harga Tiket Masuk untuk menikmati Sunrise adalah sebesar Rp, 20,000/orang untuk traveler lokal, sangat terjangkau kan.

3. Borobudur Sunrise

Candi Borobudur memiliki pesona tersendiri bagi penikmat sunrise. Candi yang terletak di Kecamatan Borobudur ini memang terkenal dengan keindahan arsitekturnya yang telah mendunia. Tapi tahukah kamu kalau Borobudur menyimpan sisi eksotisme sunrise yang sangat indah?

Wisata Candi Borobudur memang dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB. Sementara untuk bisa menikmati sunrise, setidaknya Anda harus siapsejak pukul 05.00 WIB. Lalu, bagaimana caranya agar bisa menikmati Borobudur sunrise?

Untuk bisa menikmatinya, Kamu harus terlebih dulu menghubungi pihak atau petugas candi. Biasanya, kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000 bagi wisatawan domestik, dan Rp. 250.000 untuk wisatawan mancanegara. Atau, kamu bisa mengikuti paket tour Borobudur Sunrise dengan cara menghubungi pihak Hotel Manohara yang berada di kompleks Candi Borobudur.

4. Bukit Purwosari (Purwosari Hill)

Selain Punthuk Setumbu, Gereja Ayam dan Candi Borobudur, pesona sunrise terbaik juga harus Anda nikmati dari Bukit Purwosari (Purwosari Hill). Di bukit yang terletak di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur ini, Anda tidak hanya bisa menikmati eksotisme sunrise dari puncak bukit, lo. Tapi, Anda juga bisa menikmati megahnya Candi Borobudur yang berselimut kabut pagi serta pesona Gereja Ayam yang unik dan fenomenal.

5. Puncak Gunung Telomoyo

Telomoyo merupakan sebuah gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Gunung ini berada di jajaran Gunung Merbabu, tepatnya berada di sisi barat gunung tersebut.

Untuk bisa menikmati cantiknya sunrise dari puncak gunung, tentu dalam benak kita juga akan terlintas betapa ribet dan susahnya perjuangan untuk bisa menjangkaunya. Namun, tidak untuk gunung yang satu ini. Anda tidak akan diberatkan dengan segala urusan perbekalan dan pendakian karena di sini Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor hingga ke puncak.

Selain bisa menyaksikan cantiknya sunrise dari puncak gunung, Anda juga akan disuguhi dengan panorama alam danau Rawa Pening yang tidak kalah memesona.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, nikmati eksotisme sunrise di tempat-tempat terbaik ini.

Sumber : www.bukitrhema.com

Yowen

Yowen

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
Yowen

Komentar

komentar

Similar Posts