Libur Lebaran sebentar lagi tiba, sudah tidak sabar mau traveling atau pulang ke kampung halaman kan. Sabar ya, tetap semangat beraktifitas. Sambil menunggu libur lebaran, bolehlah mulai mencatat hal apa saja yang kamu mau habiskan selama libur lebaran. Mulai dari tempat wisata yang ingin kamu datangi, wisata kuliner favorit di kota tersebut sampai penginapan jika memang harus menginap.

Magelang memiliki banyak kuliner favorit yang sudah sejak lama menjadi langganan traveler luar kota. Berikut rekomendasi tempat kuliner favorit di Magelang yang siap menyambut liburan kalian :

1. Kedai Rakyat Bukit Rhema

Tempat makan ini merupakan salah satu kuliner yang sedang hits di Magelang. Selain lokasinya yang memang hits yaitu berada di Bukit Rhema (Gereja Ayam) tetapi juga pemandangan di Kedai Rakyat Bukit Rhema ini yang memang patut diacungkan jempol. Kamu bisa menikmati hembusan angir semilir sambil memandang keindahan pegunungan maupun perbukitan dan lembah. Menarik kan.

Selain pemandanganya yang aduhai, pastinya harga makanan maupun minuman di tempat ini sangat terjangkau. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang wajib kamu kunjungi di libur lebaran nanti.

2. Bukit Menoreh Resto

Bukit Menoreh Resto menyajikan menu favorit Mangut Kepala Ikan Manyung maupun Mangut Ikan Beong. Cita rasa kuliner yang disajikan resto sangat memanjakan lidah kalian walaupun semua masakan yang dihidangkan tanpa memakai MSG loh. Jadi selain kamu bisa menikmati masakan yang lezat juga sehat bagi kesehatan kalian.

Harga makanan dan minuman yang disajikan di Bukit Menoreh Resto sangat terjangkau. Di resto ini kalian juga bisa berselfie ria, karena banyak lukisan dinding yang menarik cocok buat spot selfie kamu. Jadi Bukit Menoreh Resto patut menjadi Kuliner Favorit di Magelang yang wajib kamu coba.

3. Soto Sapi Laras Roso

Soto Sapi Laras Roso sesuai dengan namanya menyajikan menu andalan Soto Sapi. Citarasa Soto Sapi yang khas dengan daging sapi yang empuk siap kalian nikmati di liburan lebaran ini. Soto Sapi Laras Roso telah lama menjadi salah satu kuliner favorit di Magelang, Gubernur Jawa Tengah pun sudah beberapa kali mencicipi Soto Sapi ini.

Soto Sapi Laras Roso memiliki dua tempat yaitu Jalan Sriwijaya nomor 29, Bogeman, Magelang (Pusat) dan di jalan Yos Sudarso No. 15 Kauman, Magelang, Jawa Tengah (Cabang). Buat kalian yang mau cicipi sedapnya soto sapi, jangan datang terlalu siang ya karena warung ini tutup jam 14.00. Jangan khawatir dengan harga di Warung Makan ini karena tidak membuat dompet kamu jebol.

4. Sop Empal Bu Haryoko

Buat kalian yang ingin menempuh perjalanan Magelang ke Yogya ataupun dari Yogya ke Magelang, kalian bisa mampir di Kota Muntilan dan menyantap Sop Empal Legendaris Bu Haryoko.

Warung Sop Empal Bu Haryoko telah berdiri selama 3 generasi, tekstur empal di sini berbeda dengan warung sop empal lainnya. Daging Empalnya super empuk. Ini yang membuat sop empal bu haryoko muntilan menjadi salah satu kuliner favorit di muntilan, magelang. Harganya pun sangat terjangkau di kantong kalian.

5. Wedang Kacang Kebon

Warung yang berukuran cukup kecil dan berada di samping saluran air tersebut, menjajakan sebuah menu spesial yang selalu diburu oleh masyarakat Magelang, yakni Wedang Kacang. Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini memang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya.

Baca Juga :   Ada Aksi Rohingya, Tempat Wisata Sekitar Borobudur Tetap Buka

Air jahenya tak sebegitu kuat seperti Wedang Ronde, kacang tanahnya sangat empuk yang bikin kamu tak percaya bahwa itu adalah kacang tanah, dan entah ramuan apalagi yang dicampur di dalam minuman ini sehingga tampak agak kental. Susu? Krim? Santan? Entahlah. Yang jelas nikmat banget dinikmati di Magelang yang berhawa sejuk.

Harga Wedang Kacang Kebon sangat terjangkau tetapi siap siap antri ya.

6. Kupat Tahu Pojok

Magelang memang terkenal dengan kuliner Kupat Tahunya. Ada beberapa penjual kupat tahu yang terkenal di Magelang, tetapi Kupat Tahu Pojok merupakan warung yang sudah didatangi beberapa pejabat maupun artis di negeri ini.

Wangi bumbu kacang bercampur tauge semerbak tercium. Dari tampilan awal, sangat mirip dengan Tahu Gimbal khas Semarang, tetapi bedanya tidak menggunakan gimbal atau bakwan udang. Potongan kupat dan tahu dipadu sayuran seperti kol, tauge, dan seledri, lalu diguyur kuah kacang hangat yang cair.

Harga Kupat Tahu di tempat ini terjangkau buat dompet kalian.

7. Swike Mbak Lies

Kodok hijau yang habitatnya di persawahan itu, diracik dengan bumbu tradisional menjadi makanan yang sangat nikmat di kalangan pecinta makanan swike. Buat kamu pecinta swike di Magelang ga usah bingung untuk mencari makanan favoritmu ini datang aja ke Swike Mbak Lies.

Warung Swike Mbak Lies merupakan Swike tanpa tulang pertama yang ada di Magelang. Buat kamu pecinta kodok tetapi ga mau ribet dengan tulang-tulangnya cocok banget deh. Terlebih ukuran kodok yang disajikan di warung makan swike mbak lies berukuran jumbo.. Dijamin puas makan swike di tempat ini. Walaupun dikenal dengan swike lepas tulangnya, warung ini tetap menyediakan swike yang masih dengan tulang.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Kalian bisa memilih pilihan Swike Kuah maupun Swike Goreng Tepung sesuai selera kalian.

8. Sop Senerek Mbak Rat

Buat kalian yang bingung mau makan apa di Magelang, coba deh salah satu warung makan yang terletak tidak jauh dari Kota Magelang yaitu Sop Senerek Mbak Rat Pisangan. Lokasinya berdekatan dengan tempat wisata kolam renang pisangan.

Sederhana tetapi gurih, begitulah profil sop senerek yang berisi bayam, irisan wortel, potongan daging sapi yang aromanya sedap, dan tentu saja si kacang merah alias senerek.

Rasanya? Segar, gurih, tetapi ringan dan tidak bikin enek karena didukung bumbu dasar yang tidak neko-neko, seperti bawang putih, bawang merah, lada, dan pala. Harga yang ditawarkan di warung makan ini sangat terjangkau.

Yowen

Yowen

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
Yowen

Komentar

komentar

Similar Posts