Kuliner Magelang

Minuman Khas Magelang Yang Segar, Wedang Kacang Kebon

4.75/5 (4)

Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Sebuah warung sederhana yang terletak di Jalan Pajang, Desa Semplon, Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang, setiap sore hingga malam selalu disesaki pengunjung.

Warung yang berukuran cukup kecil dan berada di samping saluran air tersebut, menjajakan sebuah menu spesial yang selalu diburu oleh masyarakat Magelang, yakni Wedang Kacang.

Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini memang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya. Kartiyah, pegawai dari warung wedang kacang tersebut mengatakan, kacang di minuman tersebut harus direbus bersama dengan gula jawa dan gula pasir.

Waktu merebusnya pun cukup lama, hingga kacang terasa empuk. Waktu merebus yang lama tersebut juga menghasilkan kuah yang gurih dan berwarna agak cokelat kemerahan. Wedang kacang ini disajikan dalam mangkuk bersama dengan ketan.

Semangkuk Wedang Kacang biasanya terdiri dari kuah jahe, kacang, dan ketan. Salah satu racikan Wedang Kacang yang bikin saya ketagihan adalah Wedang Kacang Kebon. Mengapa? Air jahenya tak sebegitu kuat seperti Wedang Ronde, kacang tanahnya sangat empuk yang bikin kamu tak percaya bahwa itu adalah kacang tanah, dan entah ramuan apalagi yang dicampur di dalam minuman ini sehingga tampak agak kental. Susu? Krim? Santan? Entahlah. Yang jelas nikmat banget dinikmati di Magelang yang berhawa sejuk.

Baca Juga :   Taman Kyai Langgeng, Wisata Favorit di Magelang

Jam Buka Wedang Kacang Kebon

Setiap hari kecuali hari Kamis, Warung Wedang Kacang Kebon siap malayani pembeli sejak pukul 17.30 WIB. Warung ini selalu dipenuhi pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota.

Untuk jam tutupnya tidak pasti, tergantung cepat lamanya dagangan habis. Tetapi biasanya tidak terlalu malam kami sudah tutup. Karena pelanggan wedang kacang ini cukup banyak.

Tidak hanya menyediakan wedang kacang, warung tersebut juga menyediakan wedang ronde, sekoteng, dan kolak. Sebagai camilan, ada pula hidangan khas Magelang yang juga menjadi andalan warung ini, yakni berupa sate pisang.

Untuk masalah harga tidak usah khawatir, karena cukup terjangkau. Satu porsi wedang kacang, ronde, dan kolak cukup ditebus dengan harga Rp 6.000, sedang untuk sekoteng kacang, hanya Rp 7.000.

Yowen