Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Sejak 2 tahun terakhir ini wisata di Kab. Magelang, Kulon Progo dan Jogja sedang hits dikalangan para pengguna sosial media, karena semakin banyak destinasi- destinasi baru yang bagus dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Seperti halnya dengan salah satu destinasi wisata baru yang berada di Desa Kenalan, Kec. Borobudur, Kab. Magelang yaitu Gunung Gondopuro Wangi.

Destinasi wisata Gunung Gondopuro Wangi ini telah diresmikan oleh Dinas Pariwisata Taman Wisata Candi Borobudur pada tanggal 20 Februari 2016.

Gunung Gondopuro Wangi ini merupakan sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi namun tidak kalah indah dengan gunung lain yang lebih tinggi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl. Jalan yang dilalui untuk mencapai basecamp juga tidak terlalu sulit hanya saja berkelok- kelok. Untuk jalur/ track yang dilalui untuk mencapai puncak sedikit ekstream belum terlihat jelas ada jalan karena gunung ini memang benar- benar masih asri belum banyak orang yang melewati jalur itu.

Konon menurut cerita, Gunung ini mempunyai sejarah tersendiri. Gunung ini adalah tempat bertapa para pengikut Pangeran Diponegoro. Mereka diantaranya adalah: 1. Kyai Pangeran Prawiro Gondo Kusumo 2. Kyai Raden Ahmad Kusumo 3. Kyai Raden Prawiro Kusumo. Mereka hidup disana sampai akhir hayatnya. Merekapun dimakamkan di gunung itu juga di sebelah gua tempat bertapa. Makan itu terletak sekitar 70% dari jarak perjalanan.

Baca Juga :   Akhirnya Pemerintah Meresmikan Badan Otorita Borobudur

Gunung Gondopuro Wangi ini mempunyai 2 puncak yang dipisahkan oleh celah. Puncak pertama lebih sempit dan terdapat sebuah batu besar sedangkan untuk puncak yang kedua lebih luas dan sudah ada gardu pandang disana. Dari atas kita bisa menikmati keindahan alam ciptaan Sang Maha Esa. Juga bisa melihat dengan jelas gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing. Selain itu bisa bermalam (camping) diatas puncak gunung. Dan untuk kalian para pencinta fotografi bisa memotret sunrise Semoga dengan adanya destinasi wisata baru ini bisa memajukan perekonomian serta memperkenalkan desa keluar daerah dan juga memajukan wisata di Kab. Magelang.

Veronika Desi
Follow ya

Veronika Desi

Saya adalah travel blogger yang rindu menjadi duta wisata. Traveling adalah hobi saya dan menurut saya traveling salah satu kebutuhan hidup yang berguna untuk membangun diri.
Veronika Desi
Follow ya

Komentar

komentar

Similar Posts