Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Tempat Wisata Curug Silawe memang belum terlalu dikenal banyak orang namun soal keindahan air terjun ini tak kalah dengan beberapa air terjun lainnya seperti Kedung Kayang atau Curug Sewu. Magelang yang terletak di dataran tinggi dan dikelilingi beberapa pegunungan menyimpan pesona keindahan air terjun yang menakjubkan.

Curug Silawe, merupakan air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 40 meter. Air terjun Curug Silawe terletak di sebelah selatan lereng Gunung Sumbing, di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 500 mdpl. Curug yang berketinggian sekitar 60 m tersebut terdiri dari dua aliran. Yang pertama berdebit air besar, dan yang kedua berdebit kecil.

Nama Curug Silawe seakan-akan seperti Lawe (sarang laba-laba dalam bahasa Jawa). Bagian bawah dari curug ini terdapat semacam kolam yang terbentuk akibat hempasan air dari atas tebing. Di kolam ini pengunjung dapat bermain air karena memang tidak terlalu dalam.

Pemandangan Curug Silawe cukup menarik dilihat dari atas tebing meskipun sedikit terhalang oleh rerimbunan pepohonan. Jalan setapak dan anak tangga sudah dibangun hampir menyeluruh di kawasan wisata ini sehingga mempermudah wisatawan berkeliling dari ujung ke ujung. sepertinya masyarakat sekitar yang mengelola obyek wisata ini cukup serius mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Udara sejuk bercampur uap air yang beterbangan membuat kami betah berlama-lama di kawasan air terjun. Pemandangan Curug Silawe dari bawah juga terlihat menarik karena bisa melihat tebing-tebing yang mengelilingi curug tanpa tertutup pepohonan.

Bunyi jatuhan air terjun membuat suasana terasa damai dan nyaman untuk bersantai. Air yang bersih dan jernih membuat beberapa orang menyempatkan diri untuk mandi dan bermain air. Lingkungan Curug Silawe yang masih bersih dari sampah sebaiknya dipertahankan dan dijaga agar lingkungan tetap lestari. Tidak jauh dari Curug Silawe terdapat Curug Sigong dengan akses jalan sudah dibangun jalan setapak dari semen cor. Pemandangan Curug Sigong tidak kalah indahnya karena air terjun ke bawah dari sela-sela tirai batu yang berbentuk persegi.

Baca Juga :   Nikmati Wisata Pegunungan yang Indah di Ketep Pass

Curug Silawe cukup menarik untuk dikunjungi karena masih alami dan dikelingi oleh pemandangan alam lereng pegunungan yang cukup indah. Keberadaan curug lain yang lokasinya berdekatan dengan Curug Silawe membuat obyek wisata ini disebut dengan Curug Kembar. Tidak jauh dari lokasi Curug Silawe telah tersedia lokasi perkemahan yang saat ini sudah mulai banyak dilirik untuk kegiatan berkemah dan outbound. Sarana dan prasarana transportasi masih menjadi masalah klasik yang dihadapi. Akses jalan yang sulit dan tidak ada transportasi umum menjadi kendala utama para wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Namun bagi yang menyukai tantangan dan alam liar pasti akan menyambangi tempat ini sekedar bersantai menikmati alam.

Lokasi Curug Silawe

Lokasi Curug Silawe sedikit tersembunyi dan sulitnya akses jalan menuju lokasi. Karena banyak yang belum mengenalnya, kawasan wisata Curug Silawe masih terlihat indah dan alami. Curug Silawe terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

YW

YW

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
YW

Komentar

komentar

Similar Posts