Kuliner Magelang

Cicipi Segarnya Es Semanggi, Minuman Es yang Melegenda

4.8/5 (5)

Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Mengunjungi sebuah daerah rasanya belum lengkap kalau kita tidak mencicipi kuliner yang melegenda di daerah tersebut. Bermacam kuliner magelang yang terkenal dan melegenda salah satunya adalah minuman Es Semanggi atau yang dikenal dengan Depot Es Semanggi.

Konon ceritanya Depot Es Semanggi mulai buka sejak tahun 60-an dengan menggunakan gerobak di bawah pohon asem, depan Klenteng yang berada di pojokan alun-alun Magelang. Kini Usaha Depot Es Semanggi telah diwariskan turun temurun sampai generasi ketiga dan yang paling penting adalah resep, rasa dan kualitas sirup tetap dipertahankan sampai saat ini.

“Sirup yang kami gunakan adalah sirup yang kami buat sendiri, dan resepnya dibuat sendiri oleh Mbah Kakung saya. Dan hingga saat ini resepnya masih sama,” ujar Eko.

Saat pertama kali tiba di Depot Es Semanggi kalian akan melihat jejeran botol yang berisikan aneka warna sirup. Sirup ini salah satu kunci rahasia mengapa Depot Es Semanggi masih bisa exist sampai saat ini di tengah persaingan kuliner-kuliner modern di Magelang.

Salah satu yang membedakan antara Depot Es Semanggi dengan penjual es yang lain adalah Sirup dibuat sendiri sesuai dengan resep yang sudah digunakan sejak tahun 60-an dan penggunaan bahan terbaik dan alami. Untuk rasa manis menggunakan gula putih tanpa pemanis dan warna sirup menggunakan pewarna makanan.

Warna sirup menentukan rasa yang akan dipilih, jika pelanggan memilih Es Semanggi Tape maka sirup yang digunakan berwarna hijau. Begitu pula dengan pelanggan yang memilih Es Semanggi Plered atau Es Semanggi Dawet, sirup yang digunakan adalah sirup berwarna merah muda. Sirup Warna hijau memiliki rasa sedikit kecut, sehingga sangat cocok dinikmati bersama tape. Selain sirup merah dan hijau, ada juga varian rasa lainya, seperti coklat, gula jawa, sirup bening (putih) yang cocok diminum bersama kelapa muda.

Baca Juga :   Kupat Tahu Pojok, Satu Lagi Makanan Khas Legendaris Magelang

Es Plered merupakan salah satu menu favorit di Depot Es Semanggi. Pleret (di beberapa tempat dikenal dengan nama gempol) adalah isian es yang terbuat dari tepung beras yang sebelumnya telah diolah dan dibentuk silinder. Untuk menu ini, pleret dimasukan ke dalam gelas, kemudian ditambah dengan es, sirup warna merah, dan terakhir diberi santan. Perpaduan dari gurihnya pleret, santan, dan manisnya sirup, sangat nikmat, apalagi dinikmati saat kondisi cuaca sedang panas.

Selain berbagai macam menu es, kedai es semanggi juga menyediakan jajanan dan cemilan sebagai pendamping minum es seperti Tahu isi, Tempe Goreng, Tempe Bacem, Martabak Telor, Peyek.

Untuk harga segelas es di tempat ini bervariasi tetapi dijual dengan harga rata-rata Rp. 7.000/gelas. Buat kamu yang pernah ke Depot Es Semanggi dan harganya masih Rp. 1.300/gelas sudah ketebak kamu angkatan tahun berapa…

Jam Buka Depot Es Semanggi

Depot Es Semanggi buka setiap hari dari pukul 10.00 s/d pukul 16.00 WIB, tetapi kami sarankan jangan terlalu sore kalau mau mampir ke tempat ini karena menu es sudah banyak yang habis.

Alamat Depot Es Semanggi

Es Semanggi buka di Jl. Semarang – Yogyakarta No.367, Kramat Selatan, Magelang Utara, Kota Magelang.

Yowen