Candi Borobudur Mulai Buka Dengan Pembatasan Pengunjung

Setelah sekian lama tutup dikarenakan pandemi Covid-19, mulai hari ini 25 Juni 2020 Candi Borobudur mulai dibuka kembali untuk para wisatawan. Masa uji coba pembukaan ini dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Pemerintah Jawa Tengah.

Seperti diketahui sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah sempat mengunjungi Candi Borobudur beberapa waktu lalu untuk memastikan kesiapan pembukaan kembali Candi Borobudur.

Secara terpisah Direktur Utama PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengatakan pembukaan ini setelah melakukan pengujuan semua protokol kesehatan.

“Kami sebelumnya telah mempersiapkan prosedur protokol kesehatan Covid-19 kurang lebih selama dua bulan lamanya. Setelah itu dilakukan simulasi yang dievaluasi langsung oleh Bupati Magelang dan Gubernur Jawa Tengah.” kata Edy Setijono.

“Sesuai aturan sebenarnya kita boleh menerima pengunjung hingga 50%. Tetapi kita tidak ingin gegabah, kita akan melakukan pembatasan pengunjung hanya 10-15% atau maksimal 1500 orang perhari.” tambahnya lagi.

Rencananya uji coba pembukaan Candi Borobudur akan dibagi menjadi dua shift agar tidak terjadi kerumunan wisatawan dan petugas pun dapat melayani secara maksimal.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan pertimbangannya bahwa penyebaran Covid-19 di wilayah Candi Borobudur sudah cenderung membaik bahkan daerah ini sudah masuk zona kuning.

Menurutnya terdapat 7 prinsip dasar protokol kesehatan yang harus menjadi pedoman kegiatan selama masa kenormalan baru dan nantinya akan diterapkan di semua destinasi wisata yang ada di Magelang.

Baca Juga :   Sudah Tahu Belum? Sekarang Sudah Bisa Bikin Paspor di Magelang

Sumber : Borobudurnews.com

Yowen

Tinggalkan Balasan