Kuliner Magelang

Nasi Goreng Magelangan Pak Yatno Yang Bikin Ketagihan

4.67/5 (3)

Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Anda pernah mendengar istilah Magelangan? Magelangan bukan julukan untuk nama tempat tetapi istilah untuk nasi goreng yang dicampur dengan bakmi. Dulu orang magelang belum menggunakan istilah magelangan untuk memesan nasi goreng campur mie, justru istilah ini muncul dari penggemar nasi dicampur mie dari daerah lain seperti Yogyakarta atau Semarang. Mereka memberikan julukan untuk Nasi dicampur dengan Mi dengan istilah Magelangan dan istilah ini menjadi populer sampai saat ini.

Kalau kamu sedang berada di Magelang dan ingin menyantap nasi goreng atau bakmi yang khas Magelang tidak ada salahnya anda mencoba Tempat Makan Nasi Goreng Pak Yatno ini.

Pembeli yang rutin membeli nasi goreng pak yatno berasal dari berbagai daerah termasuk Semarang, Yogyakarta serta daerah di luar Jawa Tengah. Pak Yatno tidak hanya menyediakan Nasi Goreng Magelangan tapi juga mi goreng, mie rebus atau sego godog. yaitu nasi yang direbus menyerupai mi godog. Tetapi Nasi Goreng Magelangan merupakan menu favorit di rumah makan pak Yatno. Satu lagi yang spesial dari tempat makan pak yatno yaitu hanya memakai daging ayam kampung untuk campuran masakannya.

Dimasak Satu Persatu

Jika kamu mau menyantap makanan dari Rumah Makan Pak Yatno sebaiknya kamu siapkan kesabaran yang ekstra terlebih jika ramai pembeli. Karena Pak Yatno memasak pesanannya porsi demi porsi, untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal pak Yatno pantangan untuk memasak lebih dari satu porsi sekaligus. Begitupun cara memasaknya yang masih tradisional dengan memakai tungku arang yang membara, alhasil masakan matang sempurna. Kesabaran kamu akan terbayar lunas begitu sepiring pesanan kamu tersaji di atas meja. Jangan heran juga kalau tiap sendokan kamu mendapatkan suwiran daging ayam yang tebal. Sebelumnya daging ayam telah direbus sehingga terasa empuk saat kamu makan.

Baca Juga :   Blendrang, Bubur Tulang dari Muntilan

Apa yang membuat magelangan racikan Yatno begitu sedap? Dia tak ragu berbagai rahasia dapur.

Menurutnya, bumbu dasar untuk membuat olahan nasi maupun bakmi sama seperti pedagang lain, yakni mengandalkan bawang putih dan merica. Nah, agar lebih lebih sedap, Yatno menambahkan udang kering atau ebi yang ditumbuk bersama dua bumbu utama tadi. Bumbu kemudian ditumis sebentar hingga mengeluarkan aroma nan harum. Selanjutnya bahan lain dimasukkan sesuai jenis masakan.

Jangan salah, ini bukan resep turun-temurun, lo. Yatno mengaku belajar memasak magelangan secara autodidak. Tetapi beliau sering kumpul dengan pedagang mi asal Wonosari untuk bertukar pengalaman.

Lokasi Rumah Makan Nasi Goreng Pak Yatno

Lokasi tempat makan Pak Yatno tidak sulit kamu temui karena terletak di pinggir jalan raya Magelang–Yogyakarta (Jalan Mayjen Bambang Soegeng), sebelum lampu merah Mertoyodan, jika Anda melaju dari Jogja. Warung ini juga persis berseberangan dengan pabrik karoseri New Armada. Anda tak perlu ragu memarkir mobil kalau sudah mendapati spanduk bertuliskan Nasi Goreng Pak Yatno.

Alamat : Jl. Mayjen Bambang Soegeng Magelang, Jawa Tengah.

Yowen