4 Makanan Khas Magelang yang mengoyang Lidah, yang wajib untuk Anda cicipi…!!!

Magelang adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, diMagelang terdapat candi yang sangat terkenal yaitu Candi Borobudur yang menjadi tempat tujuan wisata baik dalam maupun luar negeri, Namun jangan salah di Magelang tidak hanya bisa menikmati keindahan Candi Borobudur saja. anda juga dapat berwisata kuliner dengan menikmati berbagai macam jenis makanan khas Magelang yang mengoyang lidah anda tentunya, berikut adalah makanan khas Magelang yang dapat wajib anda masukkan kedalam list kuliner khas anda ketika berkunjung ke Magelang :

Kupat Tahu

Kupat Tahu, mendengar namanya pasti anda sudah menerka-nerka tentang makanan yang satu ini bahwa salah bahan yang digunakan adalah tahu, benar sekali makanan tradisional khas magelang ini adalah merupakan makanan berbahan dasar ketupat, tahu yang sudah digoreng dan juga siraman bumbu kacang cair serta juga terdapat bahan pelengkap lainnya seperti irisan kol, bakwan, mie, serta tahu putih menambah nikmatnya makanan khas satu ini dan tentu membuat anda akan rindu untuk mencicipi kembali kupat tahu ini. Adapun untuk menikmati seporsi kupat tahu anda cukup hanya mengeluarkan uang mulai dari Rp. 9000,- saja sudah membuat anda kenyang tentunya.

Sego Godok

Sego Godok adalah makanan khas berbahan nasi yang direbus dalam bahasa Jawa “sego” yaitu nasi dan “Godok” yang berarti rebus. Seperti namanya, dimana sego godok adalah nasi yang sudah diberus dan diberi campuran bumbu, serta lauk seperti lainnya seperti mie, ayam dan telur dan bahan pelengkap lainnya yaitu potongan kol, tomat dan irisan daun bawang. Selain lezat sego godok juga tentu juga mengenyankan harga seporsi sego godok mulai dari Rp. 8000,-/porsi murah bukan?, atau anda yang jauh dari Magelang juga boleh mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Sop Senerek

Mendengar namanya makanan berkuah khas Magelang ini tentu lucu atau bahkan terkesan aneh, namun ketika melihat langsung anda sudah pasti tahu makanan ini adalah sop kacang merah. Kuliner khas Magelang ini memiliki perngaruh dari hidangan Belanda, kata senerek sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu “Snert Soup”. Yang dimana makanan khas ini telah dibawah oleh masyarakat Belanda dulu banyak bermukin di Magelang. Sop Senerek memiliki berbagai berbagai macam isian diantaranya kacang merah, bayam, wortel dan daun bawang serta daging. Yang dimana kuahnya bening dan kaldu yang tipis tanpa lemak tapi tetap gurih dan kaldu yang tetap khas dengan bumbu rempah seperti pala dan lada dalam sop yang bisa menghangatkan badan. Sop ini dapat dinikmati dengan nasi seperti menikmati makan soto di Jawa, selain itu juga bisa dengan lauk pedamping seperti perkedel kentang, perkedel daging, tempe goring kering, rempeyek kacang dan bakwan udang. Harga yang anda harus keluarkan untuk semangkuk sop senerek yaitu mulai dari Rp. 12.000,- saja.

Baca Juga :   Kuliner Favorit Magelang Siap Menyambut Libur Lebaran Kamu

Mangut Beong

Beong adalah sejenis ikan air tawar yang biasa hidup di sungai-sungai besar dengan aliran air yang cukup deras. Berbentuk hampir mirip seperti ikan lele, namun bukan lele. Mangut Beong adalah masakan khas Magelang berbahan dasar ikan Beong yang dimasak dengan kuah berbumbu pedas, bumbu pedas mangut beong berasal dari bahan yaitu lengkuas (laos), daun serai, jahe, kencur, kencur bawang merah dan cabe, karena ciri khas kuliner satu ini adalah pedas maka semua jenis cabai digunakan cabe hijau, rawit, dan semua ada. Makan berkuah kuning yang berasal dari kunyit ini juga ditambahkan santan parutan kelapa dimasak hingga seluruh bumbu meresap sempurna dalam daging ikan Beong yang digoreng terlebih dahulu, ini tentu mengoyang lidah anda khusunya bagi penikmat makanan pedas. Kuliner khas satu ini biasanya disantap dengan nasi panas yang makin menggugah selera anda. Harga seporsi mulai Rp. 12.000,- tergantung ukuran besar kecil daging ikan yang anda pesan.

Artikel ini sedang diikutkan Lomba Menulis Artikel Kuliner Magelang 2017