Berapa rating lokasi ini menurut kamu?

Menyenangkan sekali bisa keliling desa ke desa di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Liburan ku Desember lalu tidak pergi ke tempat yang jauh hanyalah berkunjung ke Balkondes (Balai Ekonomi Desa) satu ke yang lainnya. Kalian pasti penasaran apa sih Balkondes itu? Balkondes ialah program kerja CSR dari BUMN, karena Menteri BUMN Rini M. Soemarno menilai bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam mengkolaborasi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sehingga dalam hal ini BUMN membangun Balai Ekonomi Desa untuk menarik wisatawan berkunjung kedaerah- daerah.

Waktu itu tepatnya tanggal 31 Desember 2017 menjelang tahun baru. Balkondes yang aku kunjungi ialah Balkondes Kenalan (@balokondes_kenalan), Balkondes Ngadiharjo (@balkondes_ngadiharjo), Balkondes Tanjungsari (@balkondes.tanjungsari), Balkondes Tuksongo (@balkondes_tuksongo), Balkondes Wanurejo (@balkondes.wanurejo), Balkondes Candirejo (@balkondes.candirejo).

1. Balkondes Kenalan

Terletak di sebuah Desa yang berada di pegunungan Menoreh. Desa Kenalan juga merupakan desa tempat dimana aku dilahirkan. Balkondes Kenalan lokasinya di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang sekitar 14 km dari Candi Borobudur atau lebih jelasnya lihat dari google maps. Di Balkondes Kenalan ada apa sih? Pastinya ada pendopo, spot foto, homestay dan juga fasilitas lainnya. diBalkondes ini makanan yang khas yaitu jenang leri, slondok dan untuk minumannya yaitu minuman klamijoro. Selain itu ada satu lagi destinasi yaitu Gunung Gondopuro Wangi sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi yang mempunyai ketinggian sekitar 800 mdpl. Disana kita bisa menikamti indahnya panorama alam yang indah.

2. Balkondes Ngadiharjo

Pertama aku datang ke sini langsung jatuh cinta. Ini merupakan salah satu tempat yang keren dengan arsitektur bangunan yang megah. Balkondes ini terletak di Desa Ngadiharjo yang berjarak 5 km dari Candi Borobudur.  Disini banyak sekali spot foto dan juga bisa melihat indahnya barisan bukit menoreh yang sangat indah. Jalan yang dilalui untuk mencapai lokasi lumayan berliku liku tajam.

Baca Juga :   Nikmati Nyamannya Menginap di Hotel Grand Artos Magelang

3. Balkondes Tanjungsari

Selanjutnya yaitu ke Balkondes Tanjungsari, lokasinya sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Balkondes ini berlatar belakang deretan perbukitan menoreh yang sangat indah.

4. Balkondes Tuksongo

Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur hanya 2 km saja. Datang ke Balkondes Tuksongo kita disuguhkan oleh indahnya pemandangan perbukitan menoreh yang mengelilingi Balkondes ini. Disini ada fasilitas homestay dan juga amphiteater.

5. Balkondes Wanurejo

Terletak di kaki pegunungan menoreh dan diapit oleh sungai Progo dan sungai Sileng. Disini kita disuguhkan pemandangan yang indah. Wanurejo merupakan desa budaya, salah satunya ada wisata Museum Gunoroso Pondok Tingal.

6. Balkondes Candirejo

Lokasinya tidak jauh dari Wanurejo karena hanya tetangga Desa. Balkondes ini sekitar 4 km dari Candi Borobudur, di sini menawarkan panorama alam yang sangat indah dengan adanya deretan pegunungan menoreh. Ada pun berbagai wisata air disekitar kali Progo yaitu rafting menggunakan gethek, offroad.

Dan itu sekilas tentang ke 6 Balkondes yang ada di Borobudur. Rasanya puas bisa keliling desa ke desa yang dimana di kota tak pernah bisa ditemukan. Disana orang- orang nya pun ramah menyambut ku dengan senyum dan sopan. Aku bersantai di balkon sambil menikmati makanan dan minuman khas yang ada di sana. Di akhir perjalanan aku pun di sambut oleh hujan dan akhirnya aku memutuskan untuk berteduh dan menunggu hujan reda. Setelah itu akub pulang dan membawa wawasan baru dan cerita baru.

Sumber : Kompas.com & Balkondesborobudur.com

Veronika Desi
Follow ya

Veronika Desi

Saya adalah travel blogger yang rindu menjadi duta wisata. Traveling adalah hobi saya dan menurut saya traveling salah satu kebutuhan hidup yang berguna untuk membangun diri.
Veronika Desi
Follow ya

Komentar

komentar

Similar Posts