Magelang terkenal akan destinasi wisata yang sudah lama menjadi salah satu ikon Indonesia yaitu Candi Borobudur. Tetapi buat kalian yang ingin mengisi liburan di Magelang dan Jogjakarta, apakah kamu sudah tahu destinasi wisata favorit lainnya di Magelang yang tak kalah kerennya untuk kamu kunjungi.

Jenis wisatanya pun beragam mulai dari wisata sejarah, wisata alam dan wisata budaya yang akan membuat liburan kamu di Magelang menjadi menyenangkan.

Berikut 15 destinasi favorit yang telah kami buat untuk membantu kalian para traveler untuk mengisi liburan di Magelang :

1. Ketep Pass Magelang

Dari ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, kamu bisa menikmati pesona sunrise dari balik gunung. Aktivitas melihat sang mentari bersinar di pagi hari wajib kamu coba.

Setelah melihat sunrise di Ketep Pass, Kamu bisa berkunjung ke Museum Vulkanologi yang masih berada di kawasan Ketep Pass. Di museum ini, kamu bisa mengenal lebih jauh tentang Gunung Merapi dan setiap aktivitas vulkan yang pernah terjadi. Selain itu, kamu pun dapat mengagumi salah satu gunung berapi aktif di Pulau Jawa ini melalui teropong yang bisa disewa di gardu pandang.

Objek Wisata Ketep Pass sudah dikenal lama sebagai tempat wisata alam yang menarik di Magelang. Awalnya Ketep Pass hanya memiliki fasilitas favorit Gardu Pandang dan Bioskop Mini / Theater yang memutar film tentang bencana meletusnya Gunung Merapi.

2. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu semakin dikenal baik oleh masyarakat lokal maupun masyarakat macanegara karena keindahan sunrise di tempat ini. Tak heran Punthuk Setumbu memiliki julukan lain sebagai Borobudur Nirwana Sunrise.

Eksotisme pemandangan saat matahari terbit selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara rela datang subuh bahkan menginap agar tidak ketinggalan momen berburu sunrise. Tempat Wisata Punthuk Setumbu selalu ramai dikunjungi wisatawan yang sengaja ingin melihat matahari terbit. Pemandangan yang disuguhkan dari atas Punthuk Seumbu sangat indah dari tempat ini kita bisa melihat kemegahan Candi Borobudur dan Bukit Rhema atau yang dikenal dengan sebutan Gereja Ayam yaitu Lokasi Shooting AADC2. Buat Anda Penggemar Ada Apa Dengan Cinta pastinya tidak asik lagi mendengar Bukit Rhema / Gereja Ayam. Tak heran jika Punthuk Setumbu juga menjadi lokasi favorit para fotografer.

3. Candi Borobudur

Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Candi Borobudur telah terkenal sejak lama, tetapi sayangnya banyak yang mengira Candi Borobudur berlokasi di Jogjakarta. Sebetulnya Candi Borobudur itu berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berbentuk punden berundak berukuran 123 x 123 meter dan tinggi 42 meter, Borobudur dinobatkan sebagai candi Buddha terbesar di dunia. Terdapat banyak peninggalan bersejarah yang harus kamu lihat, seperti arca, stupa, dan relief. Untuk memasuki kompleks Candi Borobudur, kamu harus menempuh satu jam perjalanan dari Jogja melalui Muntilan.

Disarankan berburu matahari terbit di Candi Borobudur pada bulan Mei hingga Juli. Karena bulan – bulan ini adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati moment matahari terbit disini. Mengingat bulan – bulan tadi adalah awal musim kemarau di Indonesia dan cuaca sedang cerah – cerahnya.

4. Gunung Andong

Mau coba aktvitas naik gunung? Tapi bingung karena tidak terbiasa dengan aktivitas tersebut? Gunung Andong merupakan lokasi pendakian yang cocok bagi kalian yang masih pemula. Gunung Andong yang ketinggiannya hanya 1726 mdpl dengan ketinggian yang terbilang pendek dan Jalur Pendakian Gunung Andong yang terbilang mudah, tidak ada percabangan sehingga membuat pendaki tidak akan tersesat.

Tak cuma sekadar trekking, kamu pun juga bisa berkemah dan bermalam di puncak Gunung Andong bersama pendaki lainnya. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah menyaksikan matahari terbit yang sangat cantik.

5. Hutan Pinus Kragilan

 

Lokasi Wisata Top Selfie Pinusian yang sejuk menjadi daya tarik para wisatawan mengunjungi tempat ini. Bagaimana tidak, lokasi hutan pinus desa Kragilan, Pakis, Magelang ini tepat berada di lereng Gunung Merbabu dan berlokasi tidak jauh dari gardu pandang Ketep Pass yang sudah terlebih dahulu dikenal sebagai Wisata Alam Pegunungan dengan pemandangan yang indah.

Hutan Pinus Kragilan memiliki sebutan lain yaitu Top Selfie Pinusan. Dinamai Top Selfie karena memang banyak yang berfoto selfie di tempat ini. Turunan curam menuju tempat parkir memang menjadi spot selfie paling populer, mulai selfie dengan tongsis dan hape sekadarnya sampai selfie serius dengan kamera DSLR, orang-orang datang dan ber-selfie dengan rupa-rupa gaya mereka.

6. Bukit Rhema / Gereja Ayam Magelang

Di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, terdapat bangunan unik bernama Rumah Doa Bukit Rhema yang tampak mencolok di tengah hamparan hutan. Masyarakat setempat mengenal bangunan ikonik ini sebagai Gereja Ayam karena bentuknya yang menyerupai hewan tersebut.

Bukit Rhema dibangun mulai tahun 1992 yang saat ini sedang tahap penyelesaian pembangunan, Bukit Rhema menjadi tempat wisata unik di Magelang karena design arsitektur bangunannya yang berbentuk Merpati. Banyak orang mengira bangunan ini berbentuk ayam sehingga menyebutnya Gereja Ayam. Keunikan bangunan Bukit Rhema menjadi daya tarik traveler untuk berburu spot selfie yang terbaik.

7. Air Terjun Sekar Langit

Pernah mendengar legenda Jaka Tarub yang mencuri selendang Nawangwulan ketika tujuh bidadari sedang turun ke bumi untuk mandi di sungai? Konon, cerita itu terjadi di Air Terjun Sekar Langit. Air terjun yang berada di lereng Bukit Telomoyo ini memiliki ketinggian 25 meter. Airnya yang mengalir di antara perbukitan menghasilkan kesegaran khas mata air pegunungan.

Baca Juga :   Alasan Mengapa Jangan Foto Boarding Pass Kamu Saat Traveling

Dengan latar belakang cerita legenda yang menyertai, banyak wisatawan yang berdatangan ke air terjun ini karena penasaran dengan kisah cinta Jaka Tarub dan Nawangwulan.

8. Air Terjun Kedung Kayang

Terletak di antara Gunung Merapi dan Merbabu, serta hanya berjarak tiga kilometer dari lokasi Ketep Pass menjadikan Air Terjun Kedung Kayang salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selanjutnya. Akses menuju air terjun ini terbilang mudah dengan kondisi jalan yang sudah bagus. Jadi, kamu tak perlu khawatir mengendarai mobil atau motor.

Air Terjun Kedung Kayang sering juga disebut dengan Grojogan Kedung Kayang merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter yang berada persis di alur sungai Pabelan yang asalnya dari 2 gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu pada ketinggian sekitar 950 meter dari atas permukaan laut.

9. Sungai Elo Progo

Melakukan arung jeram (rafting) tampaknya menjadi salah satu aktivitas di air yang seru, sekaligus menguji adrenalin. Kamu bisa melakukannya di Sungai Elo dan Progo yang berada dekat Candi Borobudur.

Ada banyak paket dan pilihan yang ditawarkan oleh tempat penyedia arung jeram. Para pemula bisa mencoba paket dengan tingkat kesulitan rendah, sedangkan yang sudah mahir bisa mengambil paket ekstrem. Kurang menantang? Coba lakukan rafting di malam hari!

10. Taman Wisata Kyai Langgeng

Kenapa dinamakan kyai langgeng? Ternyata asal usul nama kyai langgeng adalah nama yang diambil dari seorang pejuang di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro dan almarhum di makamkan di kawasan taman wisata ini bahkan makam tersebut masih ada terawat sampai sekarang.

Taman Kyai Langgeng mempunyai luas kurang lebih 27,5 hektare dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah yang pada saat itu dijabat oleh bapak H. Muhammad Ismail. Tempat Wisata Taman Kyai Langgeng ini letaknya sangatlah strategis karena selain berada di dekat pusat kota magelang, tempat wisata ini juga dekat dari Candi Borobudur dan kurang lebih 1 jam dari Kota Yogyakarta.

11. Rumah Kamera

Salah satu tempat wisata menarik yang sedang hits di Magelang adalah Rumah Kamera / Camera House. Rumah Kamera merupakan museum yang menampilkan beberapa lukisan dan studio foto. Ada hal unik di Rumah Kamera yaitu sesuai dengan namanya bangunan ini berbentuk Kamera DSLR berukuran raksasa.

12. Curug Silawe

Tak hanya sekadar naik-turun bukit saja, Magelang juga memiliki beberapa tempat wisata air yang sayang untuk dilewatkan. Curug Silawe yang terletak di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran merupakan wisata air yang sedang populer di kalangan wisatawan lokal. Untuk menuju objek wisata ini, kamu harus menempuh jalan sempit yang cukup licin dengan cara trekking sejauh 200 meter.

Sesampainya di lokasi, kamu takjub melihat air terjun yang jatuh dari ketinggian 50 meter di antara tebing dan pepohonan rindang. Derasnya air dan hembusan udara segar ala perbukitan pun menciptakan suasana sejuk. Ajak teman-temanmu ke sini untuk berlibur sambil bertualang!

13. Gunung Merapi dan Merbabu

Letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa membuat Magelang memiliki kondisi geografis yang cukup tinggi dan dikelilingi pegunungan. Dua yang paling terkenal adalah Gunung Merbabu dan Merapi. Sepasang gunung kembar ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, sehingga menjadi ikon wisata Magelang.

Kamu bisa mengunjungi Merbabu maupun Merapi melalui beberapa pintu masuk. Pilihannya adalah jalur Chuntel, Wekas, dan Suwanting (ketiganya berada di Magelang) atau melalui jalur favorit para pendaki, yakni dari basecamp Selo di Boyolali. Meski terasa melelahkan, rasa letih akan terbayar begitu menyaksikan langsung panorama spektakuler dari atas gunung.

14. Candi Mendut

Candi Mendut bagi umat Buddha mempunyai makna tersendiri. Keberadaan tiga buah arca Buddha yang berukuran besar di candi ini memiliki keindahan yang sangat tinggi baik dalam bentuk fisik mau pun sebagai karya seni. Ketiga arca Buddha yang berada di bilik candi ini dianggap masih memancarkan sinar kesucian. Sehingga di kalangan umat Buddha candi ini menjadi tempat berdoa yang mujarab. Tidak saja umat Buddha dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Buat kamu yang berencana mengunjungi Candi Borobudur tak ada salahnya mampir juga di Candi Mendut karena letaknya yang tidak jauh dari Candi Borobudur.

15. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan wisata puncak perbukitan yang belum lama ini dikembangkan masyarakat desa di lereng perbukitan Menoreh kabupaten Magelang. Daya tarik wisata yang ditawarkan dari tempat ini adalah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari atas bukit. Sementara ini, Punthuk Mongkrong merupakan punthuk tertinggi diantara punthuk lain seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo, dan Punthuk Gupakan.

Lokasi Punthuk Mongkrong berada di area perbukitan sebelah barat daya Taman Wisata Candi Borobudur tepatnya di perbukitan Menoreh wilayah kabupaten Magelang.

Yowen

Yowen

Marketer | Traveler at https://visitmagelang.id
Saya orang yang suka traveling ke tempat wisata dengan nuansa alam yang sejuk. Hobby kuliner masakan Indonesia.
Yowen

Komentar

komentar

Similar Posts